Senin, 06 Desember 2010

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 2 ( Review )


Cyberconnect2 dan Bandai Namco merelease game ini pada tanggal 15 November 2010 lalu untuk console XBOX 360 dan Playstation 3.

Mengambil tema dari episode Naruto Shippuden,
3 tahun setelah Uchiha Sasuke dinyatakan sebagai Missing Nin dari desa Konohagakure, Uzumaki Naruto kembali ke Konoha setelah berlatih dengan Sennin legendaris, Jiraiya.

Story : 9
Jalan cerita ini sesuai dengan serial anime nya. Dimulai dari misi Naruto dkk pergi ke desa Sunagakure untuk menyelamatkan Gaara dari tangan Akatsuki ( Deidara dan Sasori ), pertarungan antara Uchiha Sasuke dengan kakak nya, Uchiha Itachi, hingga kehancuran desa Konohagakure akibat invasi dari Pain dan pertarungan akhir antara Naruto dengan Pain.

Semua dikemas dengan cukup baik oleh Cyberconnect2.

Naruto vs Sasuke

Gameplay : 9.5
Gameplay sangat menantang, walaupun player harus menekan tombol yang sama terus menerus untuk melancarkan serangan beruntun ke pihak lawan.
Gerakan karakter bisa kemana saja player suka, tidak hanya maju dan mundur. Tapi tetap terbatas oleh Stage atau Arena yang ada.

Controlnya sebagai berikut ( XBOX 360 ):
A: Jump
B: Attack
X: Throw Shuriken/Kunai
Y: Chakra Load
Y, Y: Ultimate Chakra Load
Y, Y, Y: Team Ultimate Chakra Load
Y (HOLD): Chakra Charge
RB, LB: Support
RT, LT: Guard
LS: Move
D-Pad: Items

Advance Commands:
Guard while Attacked (Timing): Substitution Jutsu
Guard + B: Throw
Rapidly A: Ninja Dash
Hold A after Jump: Ninja Move
Chakra Load + X: Chakra Shuriken
Chakra Load + A: Chakra Dash
Chakra Load + B: Ninjutsu
Ultimate Chakra Load + B: Ultimate Jutsu
Team Ultimate Chakra Load + B: Team Ultimate Jutsu

Ada 3 Mode permainan yaitu : Adventure Mode, Free Battle dan Online Battle.

Adventure Mode, player memulai jalan cerita sesuai dengan anime Naruto.
Free Battle, player bertarung melawan AI atau teman kalian.
Online Battle, player melawan player lain secara Online, fitur permainan baru yang ditawarkan oleh Cyberconnect2. Ketika kalian merasakan AI dalam game ini terlalu dungu, atau mungkin teman kalian yang payah ( no offense,hehe ), maka cobalah bermain dalam Mode ini. Sehingga kalian tahu, sejauh mana kemampuan kalian sebenarnya ^_^.

Battle System sedikit berbeda daripada sekuel sebelumnya karena Cyberconnect2 menambahkan fitur baru, seperti Team Ultimate Jutsu ; Support Character membantu player utama untuk menghajar lawan, dan serangan ini lebih mematikan daripada menggunakan Ultimate Jutsu.

Uchiha Sasuke - Mangekyou Sharingan

Ada satu hal yang menghilang dalam battle sytem ini, yaitu Ninjutsu Clash ; ketika player dan lawan mengeluarkan jutsu bersamaan dan saling berbenturan. ( saya paling suka ketika Rasengan milik Naruto beradu kekuatan dengan Kaiten milik Neji Hyuuga dalam sekuel game Naruto sebelumnya, ma'nyussss !!!!hehe ).

Owh ya,,,,
Dalam Adventure Mode terdapat Interactive Battle nya atau semacam Quick Time Event. Dimana kita harus menekan sejumlah tombol yang muncul di layar dan kalian akan melihat animasi yang luar biasa kerennya!
Saat Prologue pun, kalian sudah disuguhkan Interactive Battle ini saat melawan Kakashi. Hati-hati, setiap Interactive Battle memiliki Stars. Stars yang kalian dapat tergantung dari seberapa cepat kalian menekan tombol.
Dan ketika Jumlah Stars kalian telah terpenuhi, maka akan ada Secret Factor yang kalian dapatkan. Berusahalah!

Contoh Secret Factor yang ada salah satu nya yaitu ketika player sampai ke episode ketika Sasuke melawan Itachi.
Ketika Stars yang telah terpenuhi, ada cutscene yang "mengingatkan" Sasuke dengan Itachi di masa kecil mereka.

Itachi's Susano'o

Terdapat 42 karakter yang dapat dimainkan, dan tentu saja, untuk men-unlock seluruh karakter, player diwajibkan untuk menyelesaikan Adventure Mode untuk mengumpulkan Storm Point.
Banyaknya Storm Point yang terkumpul inilah yang akan men-unlock karakter yang playable.
Karakter yang dapat player unlock pun tidak main-main, dari para ninja Konoha, anggota Akatsuki, hingga Uzumaki Naruto - Sage Mode, Uchiha Sasuke - Akatsuki Cloak, bahkan Minato Namikaze ( ayah Naruto; Yondaime ) dan KillerBee ( Jinchuuriki Hachibi ).

Ada karakter eksklusif yang dapat player unlock ; seorang assassin dari serial game Tekken 6, yaitu Lars Andersson.

Graphic : 9.5
Grafis Cel-Shading yang sangat indah, warna warni dihadirkan dalam game ini. Cyberconnect2 berhasil membuat suasana game ini serasa menonton Anime nya langsung dengan kualitas HD. Stage-stage yang begitu detil juga karakter yang detil pula. Apalagi saat Interactive Battle, dijamin kalian akan terpukau dengan keindahan grafisnya. Lalu saat Adventure pun, lingkungannya dibuat sedemikian rupa hingga sangat mirip dengan versi Anime dan Manganya. Setiap sudut desa penuh dengan warganya yang sebagiannya bisa diajak berbicara. Sebuah game adaptasi Anime yang sangat fantastis!

Mungkin sebaiknya Cyberconnect2 dan Bandai Namco mulai mempertimbangkan untuk menciptakan hal yang sama untuk anime Bleach,,,,hihihihihihi

Naruto - Sage Mode vs Pain ( Final Battle )

Bagi pencinta Anime apalagi pencinta sejati Naruto, bahkan casual gamer sekalipun, wajib sekali game yang satu ini dimainkan. Apalagi dengan Gameplay Adventure nya yang serasa memainkan RPG. Battle yang Epic, Character yang banyak pula.





1 komentar: